SKRIPSI
Tingkat Kepuasan Pengunjung Objek Wisata Pusat Laut di DEsa Towale Kecamatan Banawa Tengah Kabupaten Donggala Sulawesi Tengah.
RINGKASAN
NUR JIHAN – L131 19 008, Tingkat Kepuasan Pengunjung Objek Wisata
Pusat Laut Di Desa Towale Kecamatan Banawa Tengah Kabupaten
Donggala Sulawesi Tengah. DiBimbing oleh Rukmi dan Sustri.
Tingkat kepuasan pengunjung dapat dicapai melalui tingkat perasaan
konsumen. Kepuasan pengunjung merupakan perasaan senang atau kecewa
seseorang yang muncul setelah membandingkan antara kinerja (hasil) produk
yang dipikirkan terhadap kinerja yang diharapkan. pengunjung akan merasa puas
apabila mereka mendapatkan pelayanan yang baik atau sesuai keinginan yang
mereka harapkan. Di samping itu juga pengunjung yang tidak puas terhadap suatu
produk barang/jasa yang berdampak pada citra pariwisata itu sendiri. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan pengunjung objek wisata
Pusat Laut di Desa Towale Kecamatan Banawa Tengah Kabupaten Donggala
Sulawesi Tengah.
Penelitian ini dilaksanakan selama 2 bulan dari bulan September sampai
November 2023 di objek wisata Pusat Laut Di Desa Towale Kecamatan Banawa
Tengah Kabupaten Donggala Sulawesi Tengah. Penelitian ini menggunakan
metode observasi dan wawancara. Observasi dilakukan berdasarkan pengamatan
secara langsung yang dilakukan oleh pengunjung. Wawancara dilakukan untuk
memperoleh keterangan untuk tujuan penelitian dengan cara tanya jawab kepada
pengelolah untuk mendapatkan informasi. Sampel penelitian sebanyak 100 orang
wisatawan. Sampel diambil dengan teknik Sampling Accidental. Metode analisis
data menggunakan skala pengukuran sikap atau skala Likert.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa angka indeks tingkat kepuasan
pengunjung objek wisata Pusat Laut berada pada titik 75,77% yang tergolong
pada tingkat “Puas”.
Tidak tersedia versi lain