SKRIPSI
Tingkat Kepuasan Pengunjung Objek Wisata Air Terjun Saluopa Kecamatan Pamona Puselemba Kabupaten Poso.
RINGKASAN
FITRIANI M. IKRAM H – L131 19 174, Tingkat Kepuasan Pengunjung
Objek Wisata Air Terjun Saluopa Kecamatan Pamona Puselemba
Kabupaten Poso, dibimbing oleh Sri Ningsih Mallombasang dan Sustri.
Kepuasan pengunjung sangat berpengaruh terhadap perkembangan suatu
destinasi wisata karena dapat memberikan kesan yang bagus dan juga baik bagi
para pengunjung yang ada. Tingkat kepuasan pengunjung merupakan tingkat
kepuasan seseorang setelah membandingkan kinerja produk yang dirasakan
dengan harapannya. Penilaian tingkat kepuasan dilakukan suatu pengukuran
perbandingan antara kesesuaian harapan wisatawan yang dilayani dengan
pelayanan nyata yang diberikan oleh pengelola. Persepsi pengunjung dalam
mengkonsumsi produk dan jasa ketika mengunjungi beberapa destinasi akan
dipengaruhi oleh perbedaan fasilitas, daya tarik, dan layanan disetiap destinasi.
Dalam hal ini kepuasan atau ketidakpuasan pengunjung ketika mengunjungi suatu
destinasi wisata tergantung pada daya tarik wisata dan pelayanan yang tersedia di
destinasi tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan
pengunjung Objek Wisata Air Terjun Saluopa Kecamatan Pamona Puselemba
Kabupaten Poso.
Penelitian ini dilaksanakan selama 2 bulan mulai dari bulan September
sampai November 2023 di objek wisata Air Terjun Saluopa. Penelitian ini
menggunakan metode survei melalui wawancara dengan menggunakan kuisioner.
Sampel penelitian sebanyak 100 orang wisatawan. Sampel diambil dengan teknik
sampling accidental. Metode analisis data menggunakan skala pengukuran sikap
atau skala likert.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa angka indeks tingkat kepuasan
pengunjung objek wisata Air Terjun Saluopa berada pada titik 82,6% yang
tergolong pada tingkat “Sangat Puas”
Tidak tersedia versi lain