SKRIPSI
Tingkat Kepuasan Pengunjung Terhadap Pelayanan Objek Wisata Hutan Pinus Pango- Pango, Kabupaten Tanah Toraja.
RINGKASAN
MAHLIA – L 131 18 167, Tingkat Kepuasan Pengunjung terhadap
Pelayanan Objek Wisata Hutan Pinus Pango-Pango, Kabupaten Tana
Toraja. Dibimbing oleh Syukur Umar dan Budi Setiawan.
Wisata Hutan Pinus merupakan sebuah kawasan wisata yang
menyuguhkan pemandangan hamparan pohon pinus. Wisata Hutan Pinus Pango-
Pango terletak di kelurahan/Desa Pasang, Kecamatan Makale Selatan. Objek
wisata ini sangat populer karena dapat menikmati keindahan negeri di atas awan,
agrowisata, outbound dan tempat camping. Kepuasan (satisfaction) adalah
perasaan senang atau kecewa seseorang yang timbul karena membandingkan
kinerja yang dipersepsikan produk (atau hasil) terhadap ekspektasi mereka.
Pengaruh penting dari suatu kualitas pelayanan yaitu diantaranya pengaruh
loyalitas pelanggan dan biaya pemasaran yang lebih rendah serta harga yang lebih
tinggi. Juga menyatakan bahwa dengan adanya kepuasan pelanggan akan
menciptakan loyalitas pelanggan.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan
pengunjung terhadap pelayanan di objek wisata hutan pinus Pango-Pango.
Penelitian ini dilakukan selama 2 bulan yaitu dari bulan Januari-Februari tahun
2022 di objek wisata hutan pinus Pango-Pango, Kelurahan Pasang, Kecamatan
Makale Selatan, Kabupaten Tana Toraja, Provinsi Sulawesi Selatan. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini yaitu customer satisfaction index (CSI) dan
importance performan analysis (IPA)
Hasil perhitungan dengan menggunakan metode Customer Satisfaction
Index (CSI) menghasilkan nilai CSI sebesar 85.85%. Berdasarkan ketentuan yang
terdapat di dalam kriteria nilai Customer Satisfaction Index (CSI) berada pada
rentang 81% - 100%, dengan demikian dapat diartikan bahwa pengunjung sangat
puas terhadap pelayanan objek wisata hutan pinus Pango-Pango, Kabupaten Tana
Toraja.
Tidak tersedia versi lain