SKRIPSI
Startegi Pengembangan Objek Wisata Permandian Kadidia di Desa Kadidia Kecamatan Nokilalaki Kabupaten Sigi.
RINGKASAN
Karma Sidiyanto – L 131 19 013, Strategi Pengembangan Objek Wisata
Permandian Air Panas Kadidia di Desa Kadidia Kecamatan Nokilalaki
Kabupaten Sigi, di bimbing oleh Arief Sudhartono dan Sustri
Indonesia memiliki potensi dan sumber daya alam sangat banyak tetapi
masih banyak yang belum dikembangkan secara maksimal. Objek wisata
permandian air panas Kadidia merupakan salah satu objek wisata yang sangat
menarik untuk dikunjungi, utamanya jika rekreasi bersama dengan keluarga.
Objek wisata permandian air panas Kadidia terletak di Desa Kadidia Kecamatan
Nokilalaki Kabupaten Sigi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi
pengembangan objek wisata permandian air panas Kadidia dan mengetahui faktor
internal dan faktor eksternal.
Penelitian ini dilaksanakan selama dua bulan yaitu pada bulan Oktober
sampai dengan bulan Desember 2022, bertempat di Desa Kadidia Kecamatan
Nokilalaki Kabupaten Sigi. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif
kualitatif dan analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threats). Adapun
sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu hasil wawancara,
observasi, dan dokumentasi. Sampel dalam penelitian ini adalah pengelola wisata,
tokoh masyarakat, pemerhati/mitra, dan wisatawan. Penentuan sampel
menggunakan purposive sampling.
Hasil penelitian ini yaitu terdapat lima alternatif strategi yang dapat
diterapkan untuk melakukan pengembangan objek wisata permandian air panas
Kadidia. Alternatif strategi tersebut diantaranya mengikuti berbagai event promosi
serta kerjasama wisata, perbaikan aksesibilitas dan peningkatan sarana dan
prasarana objek wisata permandian, pelatihan dan peningkatan kualitas pengelolaan
objek wisata dan sumber daya manusia secara berkala, optimalisasi website dan
media sosial dalam pengembangan wisata berbasis teknologi serta melakukan
kerjasama dengan pemerintah daerah/desa untuk mendapatkan pendanaan.
Tidak tersedia versi lain